Parenting Islami dalah bentuk pola asuh yang bisa dilakukan orang tua dengan mengasuh anak sesuai ajaran Islam. Hal ini perlu dilakukan agar anak tumbuh menjadi pribadi yang baik dan taat dengan agama.

Dalam Parenting Islami dan Kedudukan Anak dalam Islam menegaskan bahwa mendidik anak dalam ajaran Islam perlu dilakukan agar anak memiliki akhlak mulia.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu parenting Islami dan cara menerapkannya, baca artikel ini sampai habis.

Apa itu Parenting Islami?

Parenting Islami adalah suatu bentuk pola asuh orang tua yang dilakukan untuk membangun karakter anak berdasarkan ajaran Islam dan sunah Rasul.

Tujuan penerapan pengasuhan anak ini adalah untuk membentuk kepribadian yang berakhlak mulia serta menjadi pribadi yang tangguh sejak dini. Jenis pola asuh ini perlu diterapkan oleh orang tua yang beragama Islam.

Pasalnya, dengan mendidik anak berdasarkan ajaran Islam anak akan lebih paham tentang perilaku yang benar dan salah. Selain itu, pribadi anak juga cenderung lebih tenang.

Cara Menerapkan Parenting Islami

Untuk menerapkan pola asuh Islami, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua. Adapun cara menerapkan parenting Islami adalah sebagai berikut:

1. Menanamkan Iman sejak Dini

Salah satu tips menerapkan Pareting Islami adalah dengan menanamkan keimanan sejak dini kepada anak. Orang tua bisa mengajarkan kepada anak untuk mencintai Allah serta Rasul-Nya dan mencontohkan cara beribadah.

Selain itu, orang tua juga bisa mengenalkan anak tentang asmaul husna dan memberikan alasan kenapa harus beriman kepada Allah.

2. Membiasakan Diri untuk Membaca Al-Quran

Tips Islami selanjutnya adalah orang tua harus mengajarkan kepada anak untuk membiasakan diri dalam membaca Al-Quran, minimal setiap selesai salat.

Di samping itu, jelaskan pula manfaat yang bisa diperoleh saat rutin membaca Al-Quran. Nah, dalam mengajarkan anak untuk membaca Al-Quran, ajari pula si kecil tentang bacaan tajwid yang tepat.

 

3. Mengajarkan untuk Berzikir

Tips menerapkan pengasuhan Islami lainnya adalah dengan mengajarkan kepada anak untuk berzikir setiap hari. Pasalnya, kebiasaan ini bisa memengaruhi perilaku anak dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Di samping itu, kebiasaan ini juga bisa membantu menghindarkan anak dari penyimpangan perilaku dan kenakalan sejak dini.

4. Membiasakan untuk Salat 5 Waktu

Cara menerapkan pengasuhan Islami yang terakhir adalah membiasakan anak untuk salat 5 waktu sejak dini. Selain itu, Anda juga perlu memberikan contoh kepada anak dengan salat tepat waktu.

Pasalnya, salat adalah suatu kewajiban bagi setiap orang muslim, sehingga Anda perlu membiasakan hal ini kepada anak sejak masih dini.

Translate ¬Ľ
WhatsApp us