Menu Tutup

Sudahkah kamu persiapkan 3 perkara ini?

sebagai muslim yang beriman, hendaknya yakin terhadap apa yang telah menjadi perjalanan hidup manusia yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, layaknya perjalanan yang harus mempersiapkan bekal amal saleh sesuai ajaran agama. Maka, hendaklah kita mempersiapkan segalanya agar tidak ada kerugian semasa hidup di dunia.

Amalan yang akan dibawa mati bukan rumah mewah atau harta berlimpah. Melainkan ada 3 amalan seperti sabda Rasulullah dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, yang berbunyi:

Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda: “Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya.” (HR Muslim).

Hadis di atas menjelaskan bahwa ada 3 amalan yang akan terus mengalir pahalanya meskipun orang tersebut telah meninggal dunia, yaitu: Sedekah jariyah, merupakan amalan pertama yang terus mengalir pahalanya. Contohnya seseorang yang menyumbangkan hartanya untuk membebaskan lahan dan bangunan untuk tempat tinggal anak-anak yatim dhuafa. Amalannya akan terus mengalir sampai hari kiamat nanti. Karena lahan dan bangunan yang dibebaskan tersebut digunakan untuk tempat tinggal, untuk belajar, mengaji, sholat dan berbagai kegiatan yang baik lainnya.

“Ilmu yang bermanfaat, seseorang yang memiliki ilmu dan menyebarkan ilmu yang dia punya kepada orang lain. Jika ilmu tersebut tersebar luas, maka pahalanya akan terus mengalir kepada orang yang mulanya mengajarkan ilmu tersebut.” 

“Terakhir ialah doa anak soleh. Anak yang soleh pasti akan paham akan kehidupan di dunia berkat kasih sayang yang diberikan oleh orang tuanya. Maka anak yang saleh tidak akan lupa untuk tetap mendoakan orang tuanya, baik semasa hidup atau telah meninggal dunia. Karena doa anak yang saleh akan selalu mengalir ke orang tuanya walaupun sudah di alam kubur.” 

Translate »
WhatsApp us